Breaking

logo

Senin, 30 Juli 2018

SATGAS TMMD KE - 102 KEPULAUAN SELAYAR, PAPARKAN MATERI BELA NEGARA DI SMA NEGERI 3 BONTOSIKUYU

SATGAS TMMD KE - 102 KEPULAUAN SELAYAR, PAPARKAN MATERI BELA NEGARA DI SMA NEGERI 3 BONTOSIKUYU

SELAYAR,  Jombang Pos - Perhatian serius diberikan anggota Satgas TMMD 102 Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan untuk terus membangun dan membangkitkan kembali nilai-nilai wawasan kebangsaan di kalangan generasi muda bangsa dan pelajar tingkat SMP dan SMA.


Hal tersebut dijabarkan satgas TMMD dari satuan Kodim 1415/Kepulauan Selayar, bersama jajaran anggota Koramil 1415/01 Bontosikuyu melalui pelaksanaan kegiatan penyuluhan bela negara dan proxywar yang dipusatkan di lingkungan SMA Negeri 3 Bontosikuyu, bekerjasama dengan mahasiswa KKN tematik, gelombang sembilan puluh sembilan Universitas Hasanuddin Makassar.


Kegiatan penyuluhan bela negara diselenggarakan pada sekitar pukul 09.00 Wita,hari Senin, (30/7/2018) pagi dengan melibatkan sekitar tujuh puluh orang peserta dari kalangan siswa-siswi SMA Negeri 3 Bontosikuyu.


Rangkaian acara penyuluhan bela negara diawali dengan lantunan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan penyampaian sambutan oleh Kepala SMA Negeri 3 Bontosikuyu, Dg. Ngilau yang pada intinya menyampaikan ucapan terima kasih atas penunjukan SMA Negeri 3 Bontosikuyu sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan penyuluhan bela negara.


Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan akan dapat menambah wawasan dan sekaligus membuka cakrawala berpikir siswa-siswi SMA Negeri 3 Bontosikuyu untuk senantiasa memupuk serta menanamkan nilai-nilai wawasan kebangsaan dan bela negara dalam setiap hembusan nafas kehidupan dan perilaku keseharian mereka.


Hal senada disampaikan Danpos Ramil 1415-01-02 Bontoharu, Serma Bakhtiar Dalam petikan sambutannya, Sema Bakhtiar menitipkan harapan kepada siswa-siswi SMA Negeri 3 Bontosikuyu agar mereka dapat memahami dan menanamkan jiwa nasionalisme serta mengaplikasikannya lewat perilaku keseharian di lingkungan kehidupan masyarakat.


Ia berharap, semangat kebangsaan dan bela negara dapat senantiasa terpatri dan terjabarkan secara nyata lewat sepak terjang dan perilaku keseharian siswa-siswi SMA Negeri 3 Bontosikuyu baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan sekitar. 


Hal tersbut dilontarkannya di hadapan Kepala SMA Negeri 3 Bontosikuyu, Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIX Kepulauan Selayar, Camat Bontosikuyu yang diwakili oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Nur Aidin dan Koordinator kegiatan penyuluhan, Serka Ahmad Lamo yang hadir bersama puluhan orang rombongan mahasiswa KKN tematik, gelombang sembilan puluh sembilan Universitas Hasanuddin Makassar.


Usai rangkaian sambutan, kegiatan penyuluhan bela negara, kembali dilanjutkan dengan penyajian materi penyuluhan oleh Serka Ahmad Lamo. Dalam paparan materinya, Serka Ahmad Lamo menandaskan pentingnya menanamkan kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan berdasarkan profesi masing-masing.   


Dalam kaitan itu, Ahmad Lamo meminta kalangan generasi muda dan pelajar untuk sedapat mungkin menjabarkan dan mengisi kemerdekaan dengan menggiatkan proses belajar mengajar yang optimal di sekolah.


Generasi muda dan pelajar juga diharapkan untuk dapat lebih memahami serta memaknai Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila sebagai dasar negara untuk mengantisipasi dan melawan segala bentuk ancaman yang berpotensi merusak mental generasi muda, terutama dalam mengantisipasi merebaknya peredaran narkoba pergaulan sex bebas di kalangan remaja, premanisme dan tindak pidana kejahatan yang melibatkan pelaku dari kalangan remaja, sebut saja diantaranya, kejahatan begal jalanan, pungkas Ahmad  Lamo di hadapan ratusan orang siswa SMA Negeri 3 Bontosikuyu dan dewan guru.


Kegiatan penyuluhan bela negara ditutup oleh penyerahan sertifikat kepada narasumber dan game mate-matika bertajuk bela negara dengan bantuan alat monopoli dan ular tangga. (fadly syarif)

Attention : Segala Jenis Bentuk Berita yang terdapat di situs Jombang Pos Berdasarkan Dari Sumber Online dan Lapangan Secara Langsung, Untuk Klarifikasi Mengenai Pemberitaaan silahkan klik disini