Breaking

logo

Sabtu, 28 Juli 2018

SEBANYAK 1000 ORANG NELAYAN DI KABUPATEN PASURUAN BANDEL MENGGUNAKAN MINI TRAWL UNTUK MELAUT MENCARI IKAN

SEBANYAK 1000 ORANG NELAYAN DI KABUPATEN PASURUAN BANDEL MENGGUNAKAN MINI TRAWL UNTUK MELAUT MENCARI IKAN

PASURUAN,  Jombang Pos - Sebanyak 1.000 nelayan di Kabupaten Pasuruan masih bandel menggunakan mini trawl untuk menangkap ikan di laut. Harga mini trawl yang murah menyebabkan nelayan tergoda memakai alat tangkap terlarang tersebut.


Harga mini trawl relatif terjangkau jadi salah satu faktor masih banyak nelayan memakainya," kata Kepala Bidang Kenelayanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pasuruan Alamsyah Suprijadi kepada Wartawan, Sabtu (28/7/2018).


Alamsyah mengatakan harga alat tangkap tersebut berkisar antara Rp 600 ribu sampai Rp 700 ribu. Tak jauh berbeda dengan jaring biasa.


Selain murah penggunaan mini trawl lebih efektif dan efisien. Jika menggunakan mini trawl, hanya membutuhkan satu nelayan dengan membawa satu kapal kecil untuk mencari ikan, Waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 1-2 jam," terang Alamsyah.


Sementara jika menggunakan jaring atau bubu, minimal harus melibatkan dua nelayan. Proses mencari ikan juga lebih lama.


Kalau nelayan mencari ikan biasanya malam hari. Nah kalau memakai jaring, bisa selesai pagi hari. Tapi kalau pakai mini trawl cukup 2 jam paling lama. Itulah mengapa masih banyak yang menggunakan mini trawl sebagai alat," ungkapnya.


Larangan penggunaan mini trawl tertuang dalam Permen Nomor 2 Tahun 2015 tentang Larangan Penggunan Alat Penangkapan Ikan Pukat Hela dan Pukat Tarik. Namun, sampai saat ini, masih banyak nelayan enggan beralih menggunakan jaring atau bubu untuk mencari ikan.


Di Kabupaten Pasuruan dari 6000 nelayan kecil atau nelayan rakyat sebanyak 1000 nelayan masih menggunakan mini trawl. Para nelayan yang masih menggunakan mini trawl sebagian besar berasal dari Kecamatan Nguling dan Kecamatan Lekok.
(Haris)

Attention : Segala Jenis Bentuk Berita yang terdapat di situs Jombang Pos Berdasarkan Dari Sumber Online dan Lapangan Secara Langsung, Untuk Klarifikasi Mengenai Pemberitaaan silahkan klik disini