Breaking

logo

Senin, 20 Agustus 2018

KASUS PUNGLI PEMOHON SIM DI SATPAS POLRES KEDIRI DIDUGA DILAKUKAN BEBERAPA OKNUM POLISI

KASUS PUNGLI PEMOHON SIM DI SATPAS POLRES KEDIRI DIDUGA DILAKUKAN BEBERAPA OKNUM POLISI

SURABAYA,  Jombang Pos - Kasus pungli pemohon SIM di Satpas Polres Kediri diduga dilakukan beberapa oknum polisi. Kasus tersebut kini ditangan Tim Saber Pungli Mabes Polri.


Benar, sudah dibawa Mabes Polri," tegas Barung di Surabaya, Senin (20/8/2018).


Namun, Barung mengatakan kasus tersebut masih ditangani Mabes Polri. Dia menambahkan belum ada perintah untuk menangani kasus tersebut.


Saya sudah menghubungi Kabid Propam Polda Jatim, kasus itu belum diserahkan ke kami (Polda Jatim), tapi sekarang masih ditangani Mabes Polri tentang saber pungli yang dilakukan itu," imbuhnya.


Apakah kasus itu (nantinya) ditangani Mabes Polri ataukah akan dilimpahkan ke Polda Jatim, sampai saat ini kami masih menunggu, saya menghubungi masih belum diserahkan," lanjut mantan Kabid Humas Polda Sulsel itu.

Hingga kini, Barung menyatakan sudah ada enam orang yang diperiksa. Bahkan, kasus pungli SIM di Satpas Polres Kediri ini menyeret beberapa pejabat utama. Mulai dari Kasat Lantas, Kanit Regindent, Baur SIM, hingga Kapolres.


Dari data yang dihimpun, penangkapan ini berawal ditemukan pungli di Satpas Polres Kediri, Sabtu (18/8/2018) lalu. Diketahui, ada penarikan biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Sementara biaya penarikannya beragam, mulai dari Rp 500 ribu-Rp 650 ribu.


Dari hasil tersebut, setiap hari uang Rp 300 ribu disetorkan kepada pegawai ASN berinisial AN. Lalu, uang tersebut dikumpulkan AN kepada oknum personel Polres Kediri berinisial Bripka IK. Selanjutnya, Bripka IK mengumpulkan uang dan diduga didistribusikan setiap minggunya ke kapolres sebesar Rp 40 juta-Rp 50 juta.


Tak hanya kapolres, uang itu juga diduga disetor kepada kasat lantas sekitar Rp 10 juta-Rp 15 juta. Lalu, untuk Baur SIM dan KRI, mereka diduga memperoleh setoran mulai Rp 2 juta-Rp 3 juta setiap minggunya. (Lelono)

Attention : Segala Jenis Bentuk Berita yang terdapat di situs Jombang Pos Berdasarkan Dari Sumber Online dan Lapangan Secara Langsung, Untuk Klarifikasi Mengenai Pemberitaaan silahkan klik disini