Breaking

logo

Kamis, 25 Oktober 2018

KODIM 0816 SIDOARJO SAMPAIKAN FUNGSI DAN PERAN ORMAS

KODIM 0816 SIDOARJO SAMPAIKAN FUNGSI DAN PERAN ORMAS

SIDOARJO,  Jombang Pos - Fungsi Dan Peran Ormas Dalam Menjaga Keamanan Komandan Kodim 0816 Sidoarjo sebagai Nar. asumber Yang Diwakili Oleh Kapten Cpl Muhammad Khoiri pada hari Kamis,  (25/10/2018), Pukul 09.30 wib bertempat di Ruang Hall Bakesbangpol Kabupaten Sidoarjo telah dilaksanakan kegiatan Badan Kesatuan bangsa dan politik Kabupateb Sidoarjo Tahun 2018 Penguatan Fungsi dan Peran Ormas dalam menjaga Kebhinekaan sebagai sendi persatuan dan kesatuan di Kab Sidoarjo berkaitan dengan hal tersebut Tema " FUNGSI DAN PERAN ORMAS DALAM MENJAGA KEAMANAN NON MILITER " yang di hadiri 70 orang yang ,dipimpin oleh Ketua Kesbangpol Kabupaten  Sidoarjo.

Yang Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kapten CPL Muhammad Khoiri Danramil 0816/07 sebagai Krembung (Narasumber).juga Anggota Dari Kodim 0816 Sda (  Zainul unit intel).

Kaban Kesbang Pol  Mulyawan. (Ketua Paniti), Bakesbang Prof Jatim. Sunarto (Narasumber),
UNAIR Prof Listiyono (Narasumber),Para Ketua Ormas se-Kab Sidoarjo.

Pemberian Materi oleh 3 orang Narasumber,  persiapan sosialisasi masalah Sosialisasi Fungsi dan peran Ormas dalam menjaga keamanan non militer. Penyampaian Inti Materi pada Pukul 09.30 wib Ketua Kesbangpol, Drs. Mulyawan, menyampaikan Dalam pertemuan ini ada beberapa hal yang perlu diketahui  dan disikapi bersama.yang kedua Agar Semua organisasi Kemasyarakatan agar selalu menjunjung tinggi organisasi Swadaya Kemasyarakatan ORMAS harus bersikap netral dan tidak memihak salah satu intansi .

Organisa Kemasrakatan agar selalu di pegang teguh dan menjujung tinggi peraturan Perundang Undangan yang telah di terapkan.

Dan Sebagaimana kita ketahui bahwa organisasi kemasyarakatan adalah salah satu pilar diantara 3 utama penyanga pemerintah kita ,organisasi kemasyarakatan sejak erah reformasi telah muncul sebagai kekuatan baru baik sebagai kelompok baru atau Pok pendukung dalam hal pertahanan.
Di Pemerintah Indonesia tidak pernah meratifikasi undangan maka sifatnya kemanusiaan yang angotanya masyarakat dengan memiliki kultur dan struktur yang dekat dengan keseharian masyarakat Ormas.

Sehinga perlu di bangun pola kemitraan positif antara organisasi kemasyarakatan dan pemerintah sehinga terbangun sinergitas dalam membangun kabupaten Sidoarjo,kedepan serta mewujudkan pemerintahan yang baik dalam menjaga Konflik karena Ormas itu berperan menjaga keamanan non, Pemerintah berusaha menjaga keseimbangan,keselarasan dan keharmonisan .

Para pengurus dan anggota ormas agar berjalan sebagi fungsi dan tujuan ormas ,hal tersebut harus di sikapi dengan suatu peraturan Perundang Undangan yang telah di Akomodatif terhadap keberadaan dan optimalisasi peran.

Dan Negara Indonesia sebagaimana diatur dalam Undang Undang Nmr 17 Tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan yang telah di Ubah dengan Undang undang no 16 th 2017 ttg organisasi masyarakat menjadi UU peran yang dilakukan oleh organisasi yaitu tdk melupakan hak dan menghindari larangan yang tercantum di dalamnya.

Dan dilanjutkan pada Pukul 10.00 wib Sambutan Kesbangpol Prof Jatim Sunarto yang intinya Ormas dalam segala bentuk Hadir ,tumbuh dan berkembang sejalan dengan perkembangan sejarah kehidupan bermasyarakat bangsa dan Negara mempunyai kewajiban berpartisipasi dalam upaya mewujudkan cita cita Nasional serta menjaga kedaulatan NKRI.
Dan ‎Sebuah Ormas terbentuk haruslah haruslah juga bertujuan untuk menjaga memelihara dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Sebagaimana tertuang dalam undang undang Ormas harus berajaskan Pancasila dan Undang Undang Dasar Negara Repuplik Indonesia.ungkapnya dan dilanjutkan juga dari UNER Prof Listiono yang Intinya Kemerdekaan adalah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan salah satu prinsip Persatuan  mengandung maksud adanya satu Cita Cita dan satu Kehendak.

Spirit Kebhineaan ini sudah seharusnya tetap tertanam di setiap tubuh Organisasi kemasyarakatan.

Ormas di Wilayah Kabupaten Sidoarjo yang sangat intelektual kami harapkan membantu menjaga kedaukatan dan salin bersinergitas dengan intansi terkait Kabupaten Sidoarjo.

Melalui kegiatan ini di harapkan dapat menanamkan semangat Kebhenekaan dalam setiap bermasyarakat ungkapnya.

Dan ungkapan Dari Kodim 0816 Sidoarjo  Letkol Arief Cahyo Widodo. S.l.P yang diwakili Oleh Kapten CPL Muhammad Khoiri yang intinya Ancaman Kebangsaan baik Militer maupun Non Militer itu bisa terjadi sewaktu waktu bila peran masyarakat tidak mendukung militer.

Pada saat ini Ormas atau elemen masyarakat selalu bersinergitas dan selalu memberikan informasi kepada aparat terkait maka ancaman dari pihak luar akan takut dan berpikir.

‎Karena selama ini Indonesia di kenal dengan gerilya dan militernya yang militan & masyarakatnya yang mempunyai jiwa kebangsaan dan masing masing berhak untuk membela NKRI.Dan TNI selalu membangun Sinergitas dengan siapapun termasuk Ormas dan tokoh masyarakat  dalam menjaga persatuan dan kesatuan demi tegaknya wilayah NKRI ini.Fungsi dan peran ormas dalam menjaga keamanan non militer selesai tertib lancar dan aman.begitu yang di ungkapkan oleh Batituud Dari Ramil 0816/07 Pelda Akhmad ALI.(Zeey/Rofq).

Attention : Segala Jenis Bentuk Berita yang terdapat di situs Jombang Pos Berdasarkan Dari Sumber Online dan Lapangan Secara Langsung, Untuk Klarifikasi Mengenai Pemberitaaan silahkan klik disini